Sunday, April 15, 2012

Manufaktur

Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya dapat ditentukan dari berbagai faktor, salah satunya kemampuan mendapatkan order dari pelanggannya. Agar produk-produk suatu perusahaan dapat diterima oleh pelanggan, maka perlu adanya perencanaan yang matang dari pihak maajemen perusahaan itu sendiri. Dengan adanya suatu perencanaan maka perusahaan akan mendapatkan rate yang baik. Rate terbaik akan dapat diperoleh apabila perusahaan memiliki rencana produksi yang baik dan akurat. 

Dalam melakukan sebuah perencanaan, diperlukan metode dan prosedur perencanaan dan pengendalian dalam bidang indutri manufaktur baik menurut konsep tradisional maupun konsep modern. nah, sebelum lebih jauh lagi pembahasaannya. maka kita perlu tahu terlebih dahulu, Apa itu manufaktur? 


Manufaktur merupakan proses produksi untuk menghasilkan produk-produk fisik (tangible products). 


ada juga yang berpendapat bahwa manufaktur merupakan serangkaian operasi dan kegiatan yang saling berhubungan yang meliputi perencanaan, pemilihan bahan, perencanaan, pembuatan, penjaminan mutu serta pengelolaan dan pemasaran produk-produk. (International Conference Production Reseach

Sejarah Perkembangan Manufaktur
sejarah manufaktur sudah ada semenjak era kerajinan tangan jauh sebelum tahun 1769.   era kerajian pun semakin meningkat. pada tahun 1776, Adam smith menulis buku yang didalamnya terdapat tulisan bahwa "keunggulan pembagian tugas dalam pembuatan produk". seiring berkembanganya pembagian tugas, persis pada tahun 1780, Eli whitney di Amerika Serikat dan LeBlance di perancis secara terpisah mengembangkan konsep pertukarang suku cadang dalam pembuatan produk. 

Tobe continued..

0 comments:

Post a Comment

Copyright Nita Aprilianti 2011. Powered by Blogger.
 

Blog Template by BloggerCandy.com